Minggu, 11 Januari 2009

REFERENSI : Terapi Latihan Pada Post THR dengan AMP

Undergraduate Theses dari JTPTUMS / 2007-02-04 22:22:40

Tugas Akhir, 2005:
PENATALAKSANAAN TERAPI LATIHAN PADA KONDISI POST OPERASI FRAKTUR COLLUM FEMUR SINISTRA DENGAN PEMASANGAN AUSTIN MOORE PROTHESIS DI RSO PROF. DR. R. SOEHARSO SURAKARTA

Oleh: Adyng Restyo Mahendra - J100020002

FIK UMS
Dibuat: 2007-02-04
Keywords: FrakturCollum Femur, Austin Moore Prothesis,Terapi Latihan

ABSTRAK

Fraktur Collum femur pada lansia dapat disebabkan oleh trauma dan dipengaruhi oleh suatu faktor ketuaan (osteoporosis) dan patologis. Dengan kemajuan teknologi dapat diselenggarakan replacement sendi panggul, yang disebut dengan Austin Moore Prothesis (AMP). Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam mengembalikan permasalahan kapasitas fisik dan kemampuan fungsionalnya, pada kondisi ini harus segera mendapatkan pengananan fisioterapi yang tepat. Tujuan dari penanganan fisioterapi yaitu: mengurangi nyeri mengurangi oedem pada tungkai, Meningkatkan lingkup gerak sendi panggul dan lutut, meningkatkan kekuatan otot tungkai, dan meningkatkan aktivitas fungsional.
Metode yang digunakan dalam penulisan karya tulis ilmiah ini adalah studi kasus. Untuk menangani masalah-masalah yang muncul, modalitas fisioterapi yang digunakan berupa terapi latihan. Terapi latihan yang digunakan antara lain: breathing exercise, relaxed passive exercise, assisted active exercise, free active exercise, resisted exercise, latihan duduk half lying, latihan duduk ongkang-ongkang, hold relax, latihan transver dan ambulasi. Setelah dilakukan intervensi selama 6 kali terapi, maka didapatkan hasil: nyeri berkurang, oedem pada tungkai berkurang, lingkup gerak sendi panggul dan lutut meningkat, kekuatan otot tungkai meningkat, dan kemampuan fungsional meningkat.


SUMBER REFERENSI :

DL Name:
UMS Digital Library

PublisherID: JTPTUMS

Organization: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Contact: Siti Nuzilah

Address: Jl. A. Yani Tromol Pos 1

City: Surakarta

Region: Jawa Tengah

Country: Indonesia

Phone: 0271-717417

Fax: 0271-715448

Admin Email: perpus@ums.ac.id

CKO Email: perpus@ums.ac.id

Tidak ada komentar: