Jumat, 02 Januari 2009

About Fisioterapi

Nama Asliku Devina Ekarani, 21 tahun,
mahasiswa DIII Prodi Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga
Kegiatanku sekarang masih kuliah semester V, praktek di RSUD Dr. Soetomo, staf himafis FK Unair, crew design fk unair,dsb.. kegiatanku sekarang sudah lebih banyak berkurang dibanding dulu-dulu...
Well, terkadang jenuh pula..tapi sudahlah sekarang aku mesti fokus pada apa yang harus aq raih dan menjadi impian ku yang sempat tertunda..

Pada episode ke-II blog ku ini, aku ingin menuliskan tentang profil dari jurusanku, mungkin ada yang tahu ataupun masih "kurang tahu" sehingga nantinya bisa bermanfaat...

Mungkin kamu-kamu sudah sering mendengar kata "Fisioterapi", tapi ternyata belum banyak juga loh yang tahu apa saja sih yang bisa dilakukan pada pasien-pasien di fisioterapi itu. Ada yang bilang bahwa kalau sudah pernah ke fisioterapi sekali aja, kita bisa ketagihan untuk diterapi lagi..dan lagi, wah...kayak narkoba aja yach... Kalau sebagian besar orang datang ke dokter karena merasa sakit, lucunya...ada pasien-pasien yang datang ke fisioterapi bukan karena itu, karena selain untuk mengurangi keluhan sakit pada pasien,ada alat-alat fisioterapi yang juga dapat digunakan untuk relaksasi misalnya untuk menghilangkan rasa pegal-pegal dan tegang pada otot-otot tubuh kita.

Selain itu, untuk adik-adik kecil yang sebaiknya tidak terlalu sering meminum obat-obatan saat batuk ataupun pilek, fisioterapi juga dapat membantu menyembuhkan batuk dan pilek lebih cepat dan efektif karena obat-obatan yang diberikan dimasukkan langsung ke dalam saluran pernafasan , sehingga dosisnyapun lebih kecil daripada obat-obatan yang harus diminum.

Fisioterapi juga bisa loh diterapkan pada wanita-wanita yang mempunyai keluhan di daerah perut bagian bawah karena adanya peradangan pada rahimnya ataupun untuk wanita-wanita menikah yang belum dikaruniai anak , dimana fisioterapi berfungsi untuk membuka saluran rahim agar obat-obatan yang diberikan dokter dapat sampai ke rahim dengan baik.

Kalau kamu-kamu punya keluhan di sekitar telinga, seperti adanya bunyi mendengung, pendengaran menjadi kurang baik alias budi (itu tuh...budeg dikit...hehe..), sampai adanya rasa nyeri pada telinga, selain minum obat-obatan dari dokter, fisioterapi juga bisa membantu mengurangi keluhan-keluhan tersebut.

So, begitulah sekelumit tentang fisioterapi yang kayaknya perlu deh kamu ketahui. Fisioterapi bukan cuma buat orang-orang yang pernah terkena stroke atau untuk orang yang terkilir aja kok dan juga bukan cuma untuk orang-orang lanjut usia aja. Jadi kalau kamu-kamu punya keluhan yang kira -kira mirip seperti diatas, jangan ragu-ragu ya untuk mencoba terapinya fisioterapi, pasti ketagihan...

Ok?? sudah sdikit paham tentang fisioterapi..

terima kasih banyak

love,

Devina

Tidak ada komentar: